jump to navigation

Diagnosa dan Pengobatan Cerebral Palsy April 4, 2011

Posted by bidadariKecil in Kesehatan.
Tags: , , , , ,
trackback

DIAGNOSA

Pada pemeriksaan akan ditemukan tertundanya perkembangan kemampuan motorik. Refleks infantil (misalnya menghisap dan terkejut) tetap ada meskipun seharusnya sudah menghilang. Tremor otot atau kekakuan tampak dengan jelas, dan anak cenderung melipat lengannya ke arah samping, tungkainya bergerak seperti gunting atau gerakan abnormal lainnya.

Berbagai pemeriksaan laboratorium bisa dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lainnya:

  • MRI kepala menunjukkan adanya kelainan struktur maupun kelainan bawaan
  • CT scan kepala menunjukkan adanya kelainan struktur maupun kelainan bawaan
  • Pemeriksaan pendengaran (untuk menentukan status fungsi pendengaran)
  • Pemeriksaan penglihatan (untuk menentukan status fungsi penglihatan)
  • EEG
  • Biopsi otot.

PENGOBATAN

CP tidak dapat disembuhkan dan merupakan kelainan yang berlangsung seumur hidup. Tetapi banyak hal yang dapat dilakukan agar anak bisa hidup semandiri mungkin.
Pengobatan yang dilakukan biasanya tergantung kepada gejala dan bisa berupa:

  • Terapi fisik.
  • Braces (penyangga).
  • Kaca mata.
  • Alat bantu dengar.
  • Pendidikan dan sekolah khusus.
  • Obat anti-kejang.
  • Obat pengendur otot (untuk mengurangi tremor dan kekakuan).
  • Terapi okupasional.
  • Bedah ortopedik.
  • Terapi wicara bisa memperjelas pembicaraan anak dan membantu mengatasi masalah makan.
  • Perawatan (untuk kasus yang berat).

Jika tidak terdapat gangguan fisik dan kecerdasan yang berat, banyak anak dengan CP yang tumbuh secara normal dan masuk ke sekolah biasa. Anak lainnya memerlukan terapi fisik yang luas, pendidikan khusus dan selalu memerlukan bantuan dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Pada beberapa kasus, untuk membebaskan kontraktur persendian yang semakin memburuk akibat kekakuan otot, mungkin perlu dilakukan pembedahan. Pembedahan juga perlu dilakukan untuk memasang selang makanan dan untuk mengendalikan refluks gastroesofageal.

PROGNOSIS
Prognosis biasanya tergantung kepada jenis dan beratnya CP. Lebih dari 90% anak dengan CP bisa bertahan hidup sampai dewasa.

 

Sumber: http://indahnyabersabar.wordpress.com/2011/03/25/diagnosa-pengobatan-cerebral-palsy

Comments»

1. lia amalia - November 23, 2016

Salam kenal ,kalo boleh tolong diinformasikan biaya di kitty center per bulannya berapa ?anak saya jg cp ada pertimbangan untuk ikut kitty center jg,thx mom

2. Sari Imawati - February 4, 2016

Saya ada survei Bun di Kitty Center – Green Garden
Menarik Bun cara belajar di sana – terstruktur dan ketat sekali
Biayanya juga lumayan mahal Bun…
Tp yg penting anak bisa ada kemajuan.
Apabila ada Bunda yang tertarik, sapa tahu bisa terapi nanti barenag anak saya

3. Prasetyo Tyo - May 10, 2014

assalamualaikum bun sya jg pny anak yg mngalami cp spastik nmanya prisca umurnya skrng 1tn lbh 2bln.sblmnya anak sya prkembangannya normal umur 9bln sdh mw merangkak.nmun allah berkehendak lain anak sya mngalami kejang sampai d rwat d ruang ICU 15hri. q kngen skali dgn ocehannya,gayanya,tawanya. nmun skrng bru bsa miring.pandanganyya blm bsa smpurna , saat mkan pasti nangis dang susah serta kaku sekali. mngkn ada yg pnya tips agar saat d ksh mkn tdk nangis.trims

4. Liesa.Samori - October 17, 2013

Thanks buat informasi mengenai tempat Ficioterapina anak CP. Anak sy Bella postur kakinya bagus,bisa berdiri di topang pakai tangan,kakinya masih gemetar,sy rindu suatu hari Bella dapat berdiri dan berjalan sendiri.kami mempunyai 2 orang anak lagi di yayasan yg bisa berdiri yaitu Junior dan Karen. Semoga suatu hari kami dari Anak- anak Yayasan Cinta Bella dari Timika Papua bisa berkunjung ke KITTY CENTRE

5. Liesa.Samori - August 4, 2013

Hallo mama zhara,makasih buat Pengalamannya menerapi zhara….
Sy mempunyai gadis kecil yg manis namanya Bella,iapun menyandang CP,tulisan Anda para mama yg luar biasa,menjadi motivasi untuk kami

6. INSICO - June 23, 2013

Mbak sudah saya pasang link zahra disini http://insicoico.blogspot.com/p/blog-page_11.html

backlink nya ditunggu yah

7. kang ary - May 3, 2013

assalamualaikum…
saya di yogyakarta.
anak sya umur 3th blm bsa jln/komunikasi.
tp untk menirukan bacaan murotal/cramah gampang bahkan sampai hafal sebagian.
mhn saranya.

8. nova - March 9, 2013

asslmkm..anak sya usiany 9th,sya sdh bwa dy terapi.skrg dy udh bs merangkak,duduk,kdg2 jg blajar berdri.tp kdg2 msh kejang dan otot kakinya msh kaku.tlong sarannya obat apa y yg hrus sya brikn agr ank sya tdk kjang n kaku lg,.trims

rus - March 14, 2013

kalau pengalaman membantu keponakan saya yang mengalami kekakuan adalah ibu rajin melakukan massage pada otot yang kaku, keponakan saya di massage oleh ibu nya sendiri tiap 2 jam sekali atas saran terapisnya, ada juga cara yang cepat dan aman untuk ototnya lebih elastis yakni suntikan botulinum toxic sedangkan kejangnya hmm coba konsultasikan pada dokter spesialis saraf anak.

bidadariKecil - March 18, 2013

untuk cara alaminya konsumsi daging belut yg direbus jgn di goreng untuk melenturkan otot2 yg kaku…

9. riris - October 9, 2012

kalo di daerah kediri jatim apakah ada informasi tempat terapis untuk anak cp??makasih

Linda - October 31, 2012

Salam kenal mbak riris.. Kalo boleh tau anaknya sekarang umur berapa? di kediri ada tempat terapi untuk anak2 CP, DS dll.. Namanya klinik Tri bakti. Alamat di jalan sultan agung.. Belakang galaksi motor, sebelah mie ayam singkawang.

10. ms - August 28, 2012

Assalamualaikum

saya punya keponakan yang mungkin menderita CP sedangkan lokasi tinggal dibengkulu, apakah ada informasi terapis didaerah tersebut?

Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

11. nia - July 3, 2012

Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani:

* Deteksi dini dengan psikolog
* Terapi autism
* Terlambat bicara
* ADHD, Down syndrom, dan lain-lain

Dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi, layanan home visit, pendampingan ke sekolah umum.

informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882.

12. Wahyuni - May 9, 2012

Ass, Saya mau cerita saya punya anak CP umur 5 tahun tapi sudah bisa berjalan walaupun tidak sempurna, yang ingin saya tanyakan dimana tempat terapi wicara yang dekat dengan bogor, tks

13. endrizal - February 29, 2012

Asslamu’alaikum
saya mohon info dong didaerah mana ya tempat pelatihan anak CP,
anak saya sekarang sudah 9th menderita CP

saya ucapkan terimakasih atas infonya.

rus - February 29, 2012

Wa alaikum salam Sdr Endrizal alhamdulillah saya senang hati meng info kan dimana tempat pelatihan yang baik di jakarta.

Kitty Centre
Perumahan Green Garden Blok A1 no. 15 jakarta barat
no tlp 021-5815979.

Saat ini keponakan saya sudah berjalan lancar dan dapat mengikuti proses belajar di sekolah umum tanpa kendala.

Ayoooo semangat.. Penyandang CP dapat di maksimalkan kemandiriannya.

14. rus - June 7, 2011

Saya punya ponakan kena Cerebral Palsy karena lahir mamanya mengalami pre eclamsia / tensi tinggi saat melahirkan ,sehingga saat temannya sudah bisa jalan sekitar 2 tahun dia belum . Suatu hari aku ketemu temen yang punya kasus anaknya juga menderita CP disuruh pergi ke alamat Kitty Centre di daerah Green Garden Jakarta Barat nomer telpunnya 021 -5815979 , setelah kita cari tau keponakanku berlatih di sana dengan peralatan dan cara yang berbeda dengan tempat terapi yang lain dan setelah latihan kurang lebih 4-6 bulan dia sudah dapat jalan dan salah satu alatnya adaklah sepatu AFO dan jalan anaknya jalan tidak jinjit serta lancar -lancar saja, disana muridnya banyak dan aku lihat pada bisa berjalan walaupun tidak sesmpurna anak-anak lainnya

Linda - May 16, 2012

Salam kenal…

Mohon infonya peralatan dan cara yang berbeda di kitty center seperti apa. Anak saya (evan) juga sudah fisioterapi krg lebih 1,5 tahun tetapi belum ada perkembangan signifikan. sekarang umur 2 tahun baru bisa tengkurap dan berguling-guling, belum bisa duduk dll… soalnya tempat saya bukan di kota besar, saya tinggal di kediri, jadi tempat-tempat pelatihan untuk anak berkebutuhan khusus susah dicari..

rus - May 18, 2012

ibu linda di kediri… keponakan saya Tio NurYusuf saat ini usia 8tahun sudah sekolah dasar kelas 2, tanpa didampingi Mama nya atau pengasuh. berjalan mandiri bahkan ikut aktifitas berolahraga seperti teman yang lain. alat terapi di kitty centre saya lihat sama dengan centre Yang lain tetapi mereka mempunyai spesifikasi beberapa alat bantu terapi yang efektif membantu target latihan untuk mencapai keberhasilan seperti splinting, AFO, traction, peto dan lain lain saya kurang hafal, salah satu kelebihan mereka adalah program latihan yang terstruktur, disiplin dan kerja sama antara terapis dan orang tua yang kuat untuk mencapai kemajuan si buah hati. setiap anak mempunyai menu latihan yang berbeda beda dan akan di evaluasi terus setiap harinya. Saya pernah mendampingi keponakan saya berlatih terlihat sekali erat hubungan anak anak dan terapis terapis disana bahkan nampak terapis lebih di cari ketimbang orang tua yang menjemput mereka saat terapi usai. Saya merasa patut di syukuri bisa tahu tempat centre yang begitu luar biasa membuat keponakan saya terampil untuk dirinya sendiri dan mandiri.

15. greenyazzahra - April 7, 2011

terima kasih infonya..
Semoga kesehatan Zahra terus mengalami kemajuan bu..aamiin
Saya jadi ingat dengan dosen sy yg melakukan penelitian trhadap anak penderita cerebral palsy

16. Ummu Syifa - April 5, 2011

Assalamu’alaykum. Bgmn kbr mb Zahra? Salam manis selalu.

bidadariKecil - April 5, 2011

wa’alaikumussalam…
kbr zahra baik dan sehat ummi…skrng zahra umurnya 3 tahun 8 bulan, untuk aktivitas sehari-harinya hanya dengan merangkak, tapi alhamdulillah sdh ada kemuan untuk berdiri walaupun dengan bantuan dan dengan usaha yang sangat keras, kadang2 sampai kasihan juga saya melihatnya….

Reni Novianti - June 14, 2013

Assalamu’alaikum.. Mbak.. Gimana kabarnya zahra sekarang???saya juga masalah yg sama dgn mbak. Anak saya Lana 3th blom bisa jalan.


Leave a Reply

